My Facebook

Pages

Selasa, 04 Juni 2013


PEMROGRAMAN DELPHI 7.0

Delphi  merupakan salah satu  bahasa  pemrograman tingkat  tinggi berbasis  Windows. Delphi digolongkan ke dalam bahasa pemrograman visual yang menitik beratkan pada pemrograman  berorientasi  objek  (Objek  Oriented  Programming).  Membuat  program dengan  delphi  tidaklah  terlalu  sulit,  karena  bahasa  pemrograman  ini  dikembangkan dengan menggunakan bahasa Pascal.
Dalam perkembangannya delphi memiliki beberapa objek-objek ynag canggih, dalam bentuk  kontrol  program  yang  dikelompokkan  ke  dalam  toolbox  yang  biasa  disebut dengan Component Pallette.
Menggunakan bahasa pemrograman delphi kita dapat menghasilkan program-program canggih,  dimulai  dari  pemrograman  multimedia,  grafis  sampai  dengan  pemrogaman database yang menggunakan jaringan. Bahkan dengan delphi kita pun dapat membuat program yang dapat mengakses data dari internet.
TAMPILAN DELPHI   SECARA UMUM

Tampilan  Delphi  secara  umum  berbeda  dengan  tampilan  bahasa  pemrograman  lain. Delphi tidak memiliki form utama atau form induk.
Semua fasilitas toolbox dan tool window pada delphi terpisah dari menu utama.





MENU BAR
Menu Bar pada delphi berisi berbagai macam perintah untuk proses pembuatan program Aplikasi. Menu-menu yang mempunyai kesamaan jenis perintah dasar, dikelompokkan dalam satu sub menu.








TOOLBAR
Toolbar berisi ikon-ikon yang mewakili perintah-perintah dasar yang ada pada menu bar.
Misalnya perintah menyimpan, cukup dilakukan dengan cara mengklik ikon bergambar
disket.








COMPONENT PALLETE
Commonent  Pallete  merupakan  suatu  wadah  atau  tempat  yang  digunakan  untuk menampung semua objek-objek yang ada dalam delphi. Fasilitas ini sangat penting dan sangat membantu ketika proses pembuatan desain tampilan program. Semua hal-hal yang kita butuhkan pada saat mendesain tampilan program ada dalam fasilitas ini.

Dalam  component  pallete,  objek-objek  dikelompokkan  berdasarkan  kegunaan  dan fungsinya masing-masing. Pengelompokan ini dilakukan dalam bentuk lembaran atau halaman-halaman.   Masing-masing   halaman   mempunyai   nama   yang   unik   dan menggambarkan isi objek yang dikelompokkan.





OBJECT TREE VIEW
Object  Tree  View  berpungsi untuk  menampilkan  keterangan  atau  menginformasikan semua objek atau kontrol program yang digunakan dalam membuat desain form. Jika kita lupa nama-nama yang diberikan pada suatu objek dalam format, kita cukup melihat isi objek dalam objek tree view.












OBJECT INSPECTOR
Object Inspector merupakan jendela yang memberikan infromasi mengenai properties
atau attribute objek yang seadang aktif. Pada saat pembuatan program, jendela ini sangat
berguna ketika mengubah atau menentukan setting objek yang digunakan dalam program.
Bagian ini terdiri dari 2 bagian, bagian pertama menampung properties masing-masing objek yang ada dalam delphi. Sedangkan bagian kedua berfungsi menampung berbagai macam event yang ada dalam suatu objek.





FORM
Form dalam pemrograman visual bisa diibaratkan sebagai suatu kain kanvas yang siap
untuk dilukis. Form merupakan suatu dasar atau pondasi yang akan digunakan dalam
pembuatan   desain   tampilan   program.   Ketika   membuat   desain   program,   kita
membutuhkan objek-objek  yang  ada  dalam component  pallete  untuk  ditempatkan ke
dalam form.















KODE EDITOR
Kode Editor adalah jendela yang digunakan untuk melakukan pembuatan dan pengeditan kode-kode program. Pada delphi untuk memunculkan kode program dan form secara bergantian cukup menekan F12 pada keyboard.





MEMBUAT PROGRAM DENGAN DELPHI


MEMULAI PROGRAM DELPHI
Untuk memulai program delphi, ikuti langkah-langkah sbb :
Klik Start > Programs > Borland Delphi 7 > Delphi 7


MENYIMPAN PROGRAM
Langkah-langkah untuk menyimpan program adalah sbb :
1.  Pada menu bar pilih File  > Save All  >, kotak dialog penyimpanan unit akan
      terbuka.
2.  Beri nama unit, dengan nama misal : ULat-1.pas
3.  Klik OK, selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk menyimpan project.
4.  Pada kotak dialog penyimpanan project, beri nama misal : PLat-1.dpr
5.  Klik OK

MENJALANKAN PROGRAM
Untuk menjalankan program pada delphi, pilih menu RUN > RUN atau tekan tombol F9

MENAMBAH FORM

Untuk menambah form baru ke dalam suatu project, pilih menu File > New > Form


MEMBUAT PROJECT BARU
Untuk membuat project baru , pilih File > New > Application

KELUAR DARI DELPHI

Pilih menu File > Exit





STRUKTUR PROGRAM DELPHI


Untuk dapat membuat program delphi dengan baik, kita harus tahu bentuk dan struktur dasar bahasa pemrograman ini :

UNIT

Struktur program delphi dibangun berdasarkan struktur program Pascal, yang menitik beratkan pada struktur pemrograman dengan berorientasi pada objek.

Objek dalam pascal ditulis ke dalam sebuah file yang disebut dengan Unit, Unit inilah yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan program menggunakan Pascal.  Unit  dalam pascal berupa  kode-kode  program,  sedangkan Unit  dalam delphi digunakan untuk menyimpan pendeklarasian form dalam bentuk class.

Class yang dideklarasikan dalam unit, oleh delphi akan diterjemahkan sebagai sebuah
form dan objek lain yang digunakan dari component pallete. Setiap form yang digunakan
dalam delphi pasti akan dideklarasikan dalam unit secara otomatis oleh software ini.

PROJECT

Dalam sebuah pembuatan program aplikasi, delphi bisa terdiri dari beberapa file. Apapun
bentuk file komponen yang diogunakan dalam pembuatan program delphi, pasti akan
disimpan dalam sebuah file dalam bentuk unit. File-file unit tersebut, disatukan dengan
kode-kode program yang dibangun ke dalam satu file yang disebut dengan Project.


1.  Buatlah Desain Form menggunakan objek-objek yang ada pada Componen Pallete, seperti dibawah ini :









2.   Ubahlah Properties dalam Object Inspector seperti pada tabel dibawah ini :



Tab




Standard





Additional


Component Pallete
Nama Object
Label1
Label2
Edit1
Button1

Button2

Button3

StaticText


Object Inspector
Properties              Keterangan
Caption                   Input Data
Caption                   Cetak Data
Name                     EdInput
Name                     BtCopy
Caption                   &Copy
Name                     BtBatal
Caption                   &Batalkan
Name                     BtKeluar
Caption                   &Keluar
Name                     StCetak
BorderStyle            sbsSunken
AutoSize                 False

3.   Untuk menambahkan kode program pada tombol Batal , double klick tombol Batal sampai kode editor
      keluar, kemudian tambahkan kode program untuk membersihkan tulisan, sbb:

procedure  TForm1.BtBatalClick(Sender:  TObject);
begin
//Bersihkan  Teks  dalam  objek  Edit EdInput.Text  :=  '';

//Bersihkan  Teks  dalam  objek  Statictext StCetak.Caption  :=  '';

//Meletakkan  kursor  di  dalam  objek  Edit EdInput.SetFocus;
end;

4.   Tambahkan kode program pada Form dengan cara mengklik form pada bagian yang kosong. Pada Object
      Inspector klik Event, pada bagian onActive pilih procedure BtBatalClick.



Praktikum 1A                                          Pemrograman Delphi 7

5.  Double klick tombol Copy, tuliskan kode program berikut :
procedure  TForm1.BtCopyClick(Sender:  TObject);
begin
StCetak.Caption  :=  EdInput.Text;
end;

6.  Double klick tombol Keluar, tuliskan kode program berikut :
procedure  TForm1.BtKeluarClick(Sender:  TObject);
begin
Halt;
end;



Hasil Program :

0 komentar:

Posting Komentar

animasi spongebob

a: :b: :c: :d: :e:
:i: :j:
:k: :l: :m: :n: